User profile suatu bentuk karakteristik user dalam hal sumberdaya manusia
yang akan mengoperasikan personal computer. Dimana dalam sebuah interaksi
manusia dan computer sangat dibutuhkan sebuah karakteristik manusianya agar
antara computer dan manuusia bisa saling memahami apa yang dimaksud oleh
manusia dan apa yang bisa dikerjakan oleh personal komputernya.
Jenis – jenis User Profile
1. Novice user Pengguna yang pertama kali memakai komputer
2. Knowledgeable intermittent user Pengguna yang sudah memiliki
pengetahuan cukup tentang komputer
3. Expert frequent user Pengguna yang mempunyai pengetahuan lengkap
dan mahir menggunakan computer
Usability pada dasarnya berguna atau dapat digunakan. Jadi, Usability dalam
kaitan dengan IMK
merupakan suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan
secara maksimal oleh pengguna,
sehingga semua kemampuan sistem dapat bermanfaat secara maksimal.
Learnability Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali
melihat
Efficiency Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input)
Memorability Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat (terbiasa)
terhadap penggunaanya
Errors Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya
Satisfaction Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut
User Interface (UI)
User Interface (UI) suatu sistem yang merupakan bagian terpenting dari setiap
program, karena menentukan seberapa mudah program tersebut memberikan
respon atau timbal balik dari yang diperintahkan pengguna.
Desain dalam suatu tampilan user juga mempengaruhi suatu kinerja pemrosesan
dalam informasi seperti :
1. Short command mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan
Readscanphase dan Think phase menjadi kurang optimal.
2. Menu hierarchy dengan sedikit level dan banyak pilihan pada setiap layar
akan
mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan Readscan
phase dan Think phase menjadi kurang optimal.
Sistem Pengolahan pada Manusia
ReadScan
Pengolahan perceptual
Sensory buffer : Immediate memory, very short term memory.
● Tempat menyimpan apa saja yang ditangkap indera.
● Periode retensi informasi dalam orde 1/10 detik, kemudian hilang atau
ke STM (Short TermMemory).
The human pattern recognition adalah proses yang sangat hebat dan kompleks
● Manusia mampu mengenali suara manusia lain yang sangat bervariasi.
● Manusia mampu mengenali informasi yang ambigu dan tidak lengkap.
Think
Pengolahan intelektual/ kognitif
1. Short Term Memory (STM) Menyimpan hasil interpretasi sensory buffer
“sementara”
● Kapasitas dan durasi memori rendah/terbatas.
● Katakata yang berakhiran atau pengucapannya sama (rhyme) sulit dibedakan.
● Informasi yang kecil dan manageable (mudah) akan hilang dari STM hanya
dalam beberapa detik jika kurang konsentrasi atau ada aktivitas lain.
2. LongTerm Memory (LTM) Menyimpan makna dan informasi secara
“permanen”.
● Retrive informasi dari LTM semakin mudah jika kesesuaian antara cues/isyarat
dan konteks pada saat penyimpanan serta cues dan konteks pada saat recall
semakin besar.
● Keberhasilan recall semakin besar jika informasi di LTM semakin berbeda dan
unik.
● Recall gambar lebih baik daripada kata dan recall visualizable words lebih
baikdaripada nonvisualizable words
Response
Pengendalian motorik
Kepala Sebagai pusat pengolahan data yang di transfer melalui pergerakan yang
dilakukan user.
Mata Digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan,
ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.
Tangan Mengoperasikan seluruh kegiatan yang dilakukan user.
JariJari Melakukan kegiatan typing
0 komentar:
Posting Komentar