User Pofile

User profile  suatu bentuk karakteristik user dalam hal sumberdaya manusia

yang akan mengoperasikan personal computer. Dimana dalam sebuah interaksi

manusia dan computer sangat dibutuhkan sebuah karakteristik manusianya agar

antara computer dan manuusia bisa saling memahami apa yang dimaksud oleh

manusia dan apa yang bisa dikerjakan oleh personal komputernya.

Jenis – jenis User Profile

1. Novice user  Pengguna yang pertama kali memakai komputer

2. Knowledgeable intermittent user  Pengguna yang sudah memiliki

pengetahuan cukup tentang komputer

3. Expert frequent user  Pengguna yang mempunyai pengetahuan lengkap

dan mahir menggunakan computer

Usability pada dasarnya berguna atau dapat digunakan. Jadi, Usability dalam

kaitan dengan IMK

merupakan suatu sistem yang dapat bekerja dengan baik apabila dipergunakan

secara maksimal oleh pengguna,

sehingga semua kemampuan sistem dapat bermanfaat secara maksimal.

Learnability Seberapa mudah bagi pengguna memahami saat pertama kali

melihat

Efficiency Seberapa cepat dapat menyelesaikan perintah (input)

Memorability Saat pengguna menggunakan lagi seberapa ingat (terbiasa)

terhadap penggunaanya

Errors Berapa banyak kesalahan yang diperbuat saat menggunakannya

Satisfaction Seberapa nyaman pengguna dengan antarmuka tersebut

User Interface (UI)

User Interface (UI) suatu sistem yang merupakan bagian terpenting dari setiap

program, karena menentukan seberapa mudah program tersebut memberikan

respon atau timbal balik dari yang diperintahkan pengguna.

Desain dalam suatu tampilan user juga mempengaruhi suatu kinerja pemrosesan

dalam informasi seperti :

1. Short command mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan

Readscanphase dan Think phase menjadi kurang optimal.

2. Menu hierarchy dengan sedikit level dan banyak pilihan pada setiap layar

akan

mengoptimalkan Response phase, tetapi menyebabkan Readscan

phase dan Think phase menjadi kurang optimal.


Sistem Pengolahan pada Manusia

ReadScan

Pengolahan perceptual


Sensory buffer : Immediate memory, very short term memory.

● Tempat menyimpan apa saja yang ditangkap indera.

● Periode retensi informasi dalam orde 1/10 detik, kemudian hilang atau

ke STM (Short TermMemory).

The human pattern recognition adalah proses yang sangat hebat dan kompleks

● Manusia mampu mengenali suara manusia lain yang sangat bervariasi.

● Manusia mampu mengenali informasi yang ambigu dan tidak lengkap.

Think

Pengolahan intelektual/ kognitif

1. Short Term Memory (STM) Menyimpan hasil interpretasi sensory buffer

“sementara”

● Kapasitas dan durasi memori rendah/terbatas.

● Katakata yang berakhiran atau pengucapannya sama (rhyme) sulit dibedakan.

● Informasi yang kecil dan manageable (mudah) akan hilang dari STM hanya

dalam beberapa detik jika kurang konsentrasi atau ada aktivitas lain.

2. LongTerm Memory (LTM) Menyimpan makna dan informasi secara

“permanen”.

● Retrive informasi dari LTM semakin mudah jika kesesuaian antara cues/isyarat

dan konteks pada saat penyimpanan serta cues dan konteks pada saat recall

semakin besar.

● Keberhasilan recall semakin besar jika informasi di LTM semakin berbeda dan

unik.

● Recall gambar lebih baik daripada kata dan recall visualizable words lebih

baikdaripada nonvisualizable words

Response

Pengendalian motorik

Kepala Sebagai pusat pengolahan data yang di transfer melalui pergerakan yang

dilakukan user.

Mata Digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan,

ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.

Tangan Mengoperasikan seluruh kegiatan yang dilakukan user.

JariJari Melakukan kegiatan typing

0 komentar:

Posting Komentar